Kebun Teh Nglinggo - Destinasi Wisata Alam Kulon Progo Yogyakarta

Kebun Teh Nglinggo - Bagi Anda para pencinta alam dan suka menikmati pemandangan alam, Kebun teh Nglinggo adalah salah satu destinasi wisata alam yang perlu Anda kunjungi. Kebun teh nglinggo tepatnya di Dusun Nglinggo, Desa Nglinggo Barat, Pagerharjo, Samigaluh Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Wisata kebun teh nglinggo berada di ketinggian 800 mdpl, nuasa pertama yang akan Anda rasakan di kawasan kebun teh ini sangat kesejukan. Selain kesejukan, disini Anda akan disuguhi hamparan hijau kebun teh yang sangat mempesona. Pengunjung diperbolehkan untuk berjalan-jalan di area kebun teh sambil selfie, asalkan tetap menjaga kebersihan dan tidak merusak lingkungan.

Menurut warga setempat, area kebun teh nglinggo ini sebenarnya memiliki luas 73 ha, dengan 57 ha lahan produktif dan 15 ha yang kurang produktif. 98 % lahan kebun teh ini dimiliki oleh warga dan yang 2 % saja yang dimiliki PT. Pagilaran. Karena letak perkebunan teh ini di lereng-lereng yang berundak, hamparan hijau tanaman teh akan terlihat seperti piramida hijau yang sangat exotis.

Selain bisa menikmati pemandangan alam, disini Anda juga bisa menikmati paket wisata lainnya yang disediakan pengelola, diantaranya, paket wisata edukasi bagi turis, seperti pembuatan gula merah, cara memasak teh dan kopi serta paket kesenian seperti menari lengger, membatik dan membuat topeng.

Wisata-Kebun-Teh-Nglinggo

Spot-Spot Yang Ada Di Kebun Teh Nglinggo

Salah satu yang paling banyak dicari wisatawan saat ini adalah, spot foto untuk berselfie ria dan kemudian di share ke media sosial. Peluang ini tentu dimanfaatkan oleh pengelola yang menyediakan spot-spot foto yang bagus-bagus untuk memanjakan pengunjung untuk berselfie.

Wisata-Kebun-Teh-Nglinggo

Bagi Anda yang suka akan tantangan, Anda dapat pergi ke puncak tertinggi dari kebun teh ini. Dari puncak, Anda akan menikmati indahnya pemandangan kebun teh dan juga perbukitan menoreh yang elok. Pemandangan lain yang bisa Anda nikmati dari puncak kebun teh ini adalah indahnya delapan puncak gunung, yaitu Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunng Slamet, Gunung Prau, Gunung Ungaran, Gunung Sumbing, Gunung Sindoro dan juga Gunung Telomoyo.

Wisata-Kebun-Teh-Nglinggo

Rute Menuju Kebun Teh Nglinggo

Bagi Anda yang mengunjungi wisata kebun teh nglinggo, berikut ini adalah rute-rutenya. Bagi yang dari arag magelang, Anda bisa melalui jalan Magelang lurus sampai pasar muntilan, ambil arak ke kalibawang, setelah sampai di perempatan dekso kalibawang yang ada patung Garudanya, ambil arah ke kiri menuju samigaluh.

Setelah sampai pertigaan pasar totogan, ambil arah kiri menuju samigaluh, lurus sampai dengan pertigaan pasar plono kemudian ambil arah kanan. Selanjutnya silahkan ikuti papan petunjuk menuju kebun teh. Waktu tempu dari magelang kurang lebih memakan waktu 1 jam untuk sampai di wisata kebun teh nglinggo ini.

Rute Perjalanan dari Kota Yogyakarta, Anda bisa melewati jalan godean ke arah barat, hingga bertemu perempatan Kentheng Nanggulan, kemudian ambil kanan (arah utara) hingga bertemu dengan perempatan Dekso Kalibawang (patung garuda). Bila Anda dari arah Wates, silahkan ambil arah ke Nanggulan dan menuju Dekso.

Rute dari Purworejo, Andat melewati Jl. Magelang-Purworejo sampai di KM.5/ pertigaan Tumbak Anyar sobat belok kanan. Setelah Belok kanan, Anda melewati jalan raya Banyuasin Samigaluh, silahkan lurus terus sampai di perempatan Samigaluh sobat belok kiri ke arah Suralaya dan sampai Pasar Samiguh anda belok kiri lagi atau melewati tanjakan menuju Wisata Kebun Teh Nglinggo.

Keindahan dan kesejukan udara di wisata kebun teh nglinggo memang layak untuk dijadikan destinasi wisata alam untuk mengisi liburan bersama keluarga ataupun teman-teman Anda. Demikian mengenai Kebun Teh Nglinggo - Destinasi Wisata Alam Kulon Progo Yogyakarta. Silahkan tunggu tempat-tempat wisata lain yang akan kami sajikan di wisatabudayadaerah. Selamat berlibur.
Oldest